Coban Pelangi Merupakan Zona Wisata di Kabupaten Malang

Posted: April 25, 2011 in MaLaNg ^_^

Oleh Tini Wulandari (28 Agustus 2009)

Berkunjung ke zona wisata di Kabupaten Malang berarti telah menjejaki Truly East Java. Salah satu bentang alam yang menyuguhkan panorama menakjubkan, berada di ujung timur wilayah Kabupaten Malang yakni Kecamatan Poncokusumo.

gunung-semeruWilayah Poncokusumo memiliki 17 Desa/Kelurahan itu berada di kaki Gunung Semeru yang terletak pada 8,0632º LS; 112,5520º BT; 3619 m dpl (diambil dari Google Earth), gunung tertinggi di Pulau Jawa. Bentang Pegunungan Semeru menyuguhkan pesona alam yang paling menakjubkan di Pulau Jawa. Aliran sungai yang mengalir diantara gunung-gunung, akhirnya menciptakan air terjun yang elok, Air Terjun Coban Pelangi.

Jika pernah mendengar nama Coban Trisula, maka Coban Pelangi merupakan zona wisata alam andalan di Kecamatan Poncokusumo. Air terjun ini berada di jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru, tepatnya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Coban Pelangi merupakan tujuan kegiatan jelajah alam KSU Pointer yang diadakan pada hari Sabtu, 30 Agustus 2008.

coban-pelangi-002


coban-pelangi-007

Obyek wisata Coban Pelangi merupakan zona konservasi alam di bawah coban-pelangiperlindungan Perum Perhutani. Air terjun menakjubkan itu, berjarak ± 10 km dari Kecamatan Tumpang dan ± 32 km dari Kota Malang. Coban Pelangi berada di kawasan pegunungan yang terjal dengan kemiringan di atas 45º dan berada pada 8,0109º LS; 112,8607º BT; 1.299,5 m dpl (diambil dari Google Earth). Berkunjung ke Coban Pelangi, berarti harus mempersiapkan fisik dan kesehatan yang prima. Jangan dibayangkan, lokasi Coban Pelangi seperti Coban Rondo di Kecamatan Pujon. Tentu berbeda, Coban Pelangi masih sangat alami, untuk menikmati air terjun, pengunjung harus membayar dengan keringat. Disarankan, pengunjung memakai sepatu olahraga untuk jarak tempuh sekitar 20 menit. Menuju air terjun, pengunjung memang wajib menjejaki medan berbukit dengan kemiringan mencapai sekitar 45º. Setelah melewati bukit kurang lebih 15 menit, selebihnya tinggal menyusur jalur di atas anak sungai.

Perjalanan ini menyuguhkan keelokan alam pegunungan, hutan yang rimbun, dan sungai yang jernih. Kicau burung-burung silih berganti, menjadi hiburan yang langka. Setelah menikmati perbukitan dengan sudut kemiringan 45º, saatnya perjalanan mencapai bibir sungai. Di ujung bukit, membentang sebuah jembatan berbahan dasar bambu, yang disusun sedemikian rupa.

Jembatan itu hanya cukup dilewati dua orang. Bagi muda-mudi, jembatan itu bisa disebut sebagai jembatan cinta. Mau tak mau, pasangan yang tengah berpacaran pasti akan bergandeng tangan saat memasuki ujung jembatan. Gemericik air di bebatuan serta kicau burung-burung, memang menimbulkan suasana romantis. Capek berjalan kaki, sebuah pondok peristirahatan di bibir sungai bisa membantu menormalkan napas. Pondok yang terletak sekitar 10 meter dari jembatan bambu itu berada di bawah rimbun pepohonan. Dari pondok itu, air terjun cukup ditempuh sekitar lima menit.

coban-pelangiAir Terjun Coban Pelangi mengalir dari tebing yang memiliki ketinggian 30 m. Pesona air terjun itu bisa dinikmati sambil menggelar tikar di atas tanah lapang. Satu pondok perlindungan juga disiapkan menghadap ke arah air terjun. Jika cuaca sedang baik, pengunjung yang beruntung bisa menyaksikan ‘pelangi’ yang membiaskan di pucuk-pucuk tebing. Biasanya, pelangi muncul pada jam 10.00-14.00. Fenomena alam itu muncul akibat butiran air terjun yang terbawa angin, serupa buliran-buliran kabut. Jika masih belum puas menyaksikan dari zona lapang, mencelupkan diri di anak sungai bisa menjadi pilihan menarik. Tumpahan air terjun di atas bebatuan menimbulkan percikan air seperti hujan gerimis.

Jika berkunjung ke Gunung Bromo, tidak ada salahnya mampir sejenak di Coban Pelangi. Setelah melewati Desa Gubukklakah, akan tampak papan nama bertuliskan Coban Pelangi di sisi kanan jalan. Parkir kendaraan di depan pintu masuk, Rp 1.000 (roda 2) dan Rp 2.000 (roda 4), tinggal melangkah menuju pintu masuk. Untuk masuk area wisata alam, pengunjung membayar Rp 3.100 per orang di loket masuk. Dengan tarif murah meriah itu, wisata alam Coban Pelangi bisa dinikmati sepuasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s