Malang – Kota Pelajar yang Sejuk

Posted: April 25, 2011 in MaLaNg ^_^

Kota apakah yang mendapat julukan kota pelajar di Indonesia? Banyak orang akan menjawab: “Yogyakarta.” Jawaban ini memang sangat tepat. Namun, perlu diketahui bahwa selain Yogyakarta, ada juga kota pelajar lainnya, yaitu Malang. Bisa dikatakan bahwa Malang adalah kota pelajar ke-2 di Indonesia. Namun sayang sekali, masih cukup banyak orang yang tidak tahu realita ini. Lalu, apakah keistimewaan kota Malang ini sehingga bisa disebut sebagai kota pelajar atau pendidikan?

Kota Malang, adalah sebuah kota di propinsi Jawa Timur. Kota ini berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang. Kota Malang dikelilingi oleh beberapa gunung, antara lain: Gunung Arjuno di sebelah Utara, Gunung Semeru di sebelah Timur, Gunung Kawi dan Panderman di sebelah Barat, Gunung Kelud di sebelah Selatan. Selain itu, Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur dan dikenal juga sebagai kota apel.

Ada beberapa hal yang membuat Malang layak di sebut sebagai kota pelajar di Indonesia. Pertama, letak kota dan iklim yang bersahabat. Kota Malang yang berada di dataran tinggi serta dikelilingi oleh gunung-gunung, membuat kawasan kota Malang memiliki udara sejuk dan hawa yang segar. Iklim seperti ini sangat cocok bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di kota apel ini. Kalau di Jakarta atau Surabaya terasa sangat panas di siang hari, sebaliknya di Malang justru terasa sejuk. Udara yang sejuk dan segar ini merupakan kondisi yang sangat baik untuk menunjang proses belajar. Bisa jadi bahwa udara yang sejuk ini menjadi keunggulan Malang sebagai kota Pelajar yang tidak dimiliki oleh kota pelajar lainnya di Indonesia.

Kedua, sarana transportasi yang memadai. Kesulitan pergi ke kampus karena tak punya motor/mobil? Tidak perlu kuatir, karena di sini telah disediakan berbagai macam BMW kelas menengah (baca : Biru Muda Warnanya / angkot). Hanya dengan Rp 2.500 saja kita pergi ke kampus tanpa harus takut telat. Kampus atau sekolah yang ada biasanya terletak di lokasi yang cukup strategis sehingga ada rute angkot yang melewati daerah tersebut.

Ketiga, biaya hidup yang relatif terjangkau. Di Malang kita tidak perlu susah payah mencari tempat tinggal. Puluhan kos-kosan dan rumah kontrakan sudah disediakan di sekitar kompleks sekolah atau kampus bagi pelajar yang berasal dari luar kota. Selain itu biaya makan sehari-hari pun sudah disesuaikan dengan kantong mahasiswa/pelajar. Daerah sekitar kampus menjadi area yang subur bagi kos-kosan maupun rumah kontrakan. Sebagai contoh: biaya kos-kosan ada yang seharga Rp. 150.000/bulan. Selain murah, rumahnyapun bagus. Padahal kos-kosan yang seperti ini biasanya di Surabaya saja seharga Rp. 400.000/bulan. Pendek kata, biaya hidup di Malang bisa dijangkau oleh para mahasiswa yang studi di kota ini.

Keempat, terdapat banyak tempat pariwisata dan pusat perbelanjaan. Malang dikenal sebagai daerah tujuan wisata utama Jawa Timur. Hal ini tidak mengherankan karena memang ada berbagai tempat wisata menarik di Malang. Ada Gunung Kawi, yang terkenal sebagai tempat wisata spiritual; gunung Bromo, tempat yang diincar wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit atau melihat upacara adat khas suku Tengger, ada Taman Ria Sengkaling, Air terjun Coban Rondo, Wendit Water Park, Candi Singosari, Rawa Indah, Tambak Asri, Sendangbiru, Museum Brawijaya, Taman Wisata Tlogomas, dan lain sebagainya. Banyak juga tersedia berbagai pusat perbelanjaan seperti Mall Malang Town Square (MATOS), Mall Olympic Garden (MOG), Plaza Dieng, dan sebagainya. Dengan demikian, tidaklah sulit untuk mencari tempat rekreasi di Malang. Pada saat akhir pekan atau hari libur, maka berbagai tempat wisata ini akan menjadi sangat ramai oleh pengunjung baik yang berasal dari Malang maupun dari luar Malang. Jadi, ketika stes atau “sumpek” karena tugas kuliah dan lain sebagainya, mungkin ada baiknya jika para pelajar ini menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata ini untuk refreshing sejenak sebelum kembali mengerjakan banyak hal.

Kelima, memiliki sejumlah perguruan tinggi ternama. Mungkin bisa dikatakan ini adalah alasan utama mengapa Malang bisa dikategorikan sebagai kota pelajar. Beberapa universitas terbaik juga ada di kota Malang. Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang tetap menjadi terpopuler di kota ini. Selain itu untuk universitas negeri masih ada Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Untuk universitas swasta beberapa alternatif yang ditawarkan adalah Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka (Unmer) dan yang terbaru dan berkualitas adalah Universitas Machung. Ada Institut Teknologi Negeri (ITN) yang menjadi salah satu universitas unggulan kopertis 7 Indonesia, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Politeknik Kesehatan Malang (POLTEKES), Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia (STIKI), dan masih ada banyak kampus lain di kota ini. Satu hal yang menarik ialah ternyata Malang juga menjadi pusat pendidikan yang bernuansa religius, dimana banyak sekali terdapat pondok pesantren, sekolah teologi, maupun seminari. Misalnya: Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti (STT Sati), Sekolah Tinggi Teologi Salem, Seminari Alkitab Asia Tenggara (SAAT), dan lain sebagainya.

Setidaknya, kelima hal yang telah disebutkan sebelumnya benar-benar memenuhi kriteria yang yang harus dimiliki oleh sebuah kota pelajar. Sebagai kota pelajar, tidaklah mengherankan jika setiap tahun banyak mahasiswa yang berasal dari luar Malang datang dan menetap di Malang, terutama dari wilayah Indonesia Barat atau Timur seperti Sumatra, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua. Besar harapan bahwa dari kota pelajar inilah akan lahir generasi muda yang akan menjadi pemimpin yang berintegritas dan berdedikasi tinggi bagi bangsa ini. Dengan demikian, sebagai kota pelajar bukan sekedar kuantitas perguruan tinggi yang diperhatikan, tetapi juga kualitas pendidikan yang diselenggarakan.

Referensi:

http://hellgalicious.wordpress.com/2009/12/11/malang-kota-pelajar-ke-2/

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang

http://adhimaswijaya.wordpress.com/2010/07/05/mengapa-malang-disebut-kota-pendidikan-di-indonesia/

Image: http://www.flickr.com/photos/d3v13/3595102797/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s